Minggu, 25 November 2012

Manusia dan Keadilan - Ilmu Budaya Dasar 3

1.   Sebutkan macam-macam keadilan! Berikan contoh, masing-masing 2 contoh!
Jawab:
v Keadilan legal atau keadilan moral
Ø Dua orang anak muda yang sedang pergi menggunakan motor untuk datang ke sebuah Mall, pada saat persimpangan jalan ternyata sedang diadakan razia oleh pihak kepolisian lalu lintas. Mereka berdua sama-sama tidak membwa surat kelengkapan kendaraan dan tidak memili SIM. Meskipun salah satu dari mereka adalah anak seorang polisi namun mereka berdua tetap mendapatkan hukuman yang sama sesuai UU lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Ø Seorang lurah dan 2 orang staff kelurahan terbukti melakukan tindak korupsi melalui pungutan liar pada pembuatan surat-surat. Meskipun Lurah, ia tetap di hukum sama seperti halnya staff kelurahan tempat ia menjabat. Karena semua orang sama di mata hukum tidak membedakan status sosial dan jabatan.


v Keadilan distributive
Ø Dua orang kakak beradik yang sama-sama bersekolah di tingkat SMA, meraka adalah Shinta dan Santi. Shinta bersekolah di SMA Bunga yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sedangkan Santi bersekolah di SMA Daun yang terletak di Kalisari, Jakarta Timur. Shinta diberikan uang saku 30.000 rupiah/hari sedangkan Sinta hanya diberikan uang saku 15.000 rupiah/ hari. Perbedaan tersebut karena jarak sekolah mereka dari rumah berbeda. Shinta lebih jauh jaraknya dari rumah ke sekolah, serta memerlukan biaya transportasi yang lebih mahal. Maka uang saku mereka pun dibedakan oleh orangtuanya.

Ø Dua orang pegawai Andi dan Anto bekerja di sebuah perusahaan yang sama. Tetapi Andi selalu saja pulang lebih lama dibandingkan Anto. Bukan karena beban pekerjaan mereka yang berbeda tetapi Andi lebih rajin untuk menyelesaikan pekerjaannya sebelum deadline yang di tentukan. Sedangkan Anto mengerjakan pekerjaannya lebih lama, dan seringkali telat dalam deadline. Sehingga gaji merekapun di bedakan oleh Direktur perusahaan mereka. Andi mendapatkan gaji dan bonus dari perusahaannya sedangkan Anto tidak mendapatkan bonus.

v Keadilan komutatif
Ø Seorang siswa membolos saat pelajaran Matematika, ia justru berada di kantin sekolahnya. Dan guru pelajran tersebut mengetahui hal itu, ia memanggil murid tersebut ke dalam kelas. Untuk mempertanggungjwabkan perbuatannya guru itu memberinya hukuman mengerjakan tugas latihan, tetapi hukuman itu tidak hanya diberikan kepada anak tersebut melainkan semua teman kelasnya. Menurut guru tersebut seharusnya teman-temannya dapat mengingatkannya. Sehingga tidak terjadi hal tersebut.

Ø Sebuah sekolah SMA di Jakarta, siswanya sering kali terlibat tawuran dengan sekolah lain. Meskipun hanya sedikit dari mereka yang ikut tawuran tetapi masyarakat memandang hal itu bahwa sekolah itu berkualitas buruk, siswanya pun juga tidak baik tingkah lakunya. Maka pemerintah memutuskan untuk menutup sekolah tersebut. Guna menghindari tawuran pelajar yang lebih besar lagi.

2.   Berikan contoh ketidak adilan di dalam keluarga yang anda lihat di lingkungan ? Berikan 2 contoh !
Jawab:
Ø Seorang anak perempuan yang diabaikan keberadaannya oleh ayahnya karena ayahnya ingin memiliki anak laki-laki. Karena keinginan ayahnya yang begitu besar untuk memiliki anak laki-laki maka ayahnya mendidik anak perempuannya seperti anak laki-laki. Ia hanya boleh main permainan laki-laki dan rambutnyanya pun harus selalu di potong pendek. Anak tersebut menolak, tapi ia tidak mampu. Sehingga lama kelamaan ia tumbuh menjadi pribadi seorang laki-laki. Semua itu karena ketidak adilan ayahnya dalam memperlakukan anaknya sebagai seorang laki-laki bukan perempuan.

Ø Menjadi wanita karir adalah impian hamper semua wanita modern. Semua pada dasarnya ingin sukses dalam karir maupun rumah tangga. Tapi pada kenyataannya semua terkadang tidak sejalan. Ibu rumah tangga yang seharusnya mengurus suami dan anaknya justru sibuk mengurus karirnya. Ia lupa untuk mengurus anaknya. Ia hanya memenuhi kebutuhan anaknya secara materil tidak dengan kasih sayang. Seharusnya para ibu rumah tangga yang sekaligus seorang wanita karir mampu mengatur waktu mereka untu pekerjaan dan keluarga. Adil dalam bekerja maupun mengurus anak dan suami.

3.   Sebutkan macam-macam tanggungjawab dan berikan contoh tanggungjawab anda sebagai mahasiswa dalam macam-macam tanggungjawab tersebut?
Jawab:
Ø Tanggungjawab terhadap diri sendiri
Saya sebagai mahasiswa psikologi saya bertanggungjawab atas diri saya dan kuliah saya. Karena saya yang memilih dan memutuskan untuk kuliah di Fakultas Psikologi maka saya harus konsiten untuk mengikuti semua kuliah yang ada di fakultas tersebut tanpa mengeluh dengan beban kuliah yang saya jalani, konsisten juga untuk menjaga prestasi saya tetap baik. Karena hal tersebut akan mempengaruhi masa depan dan karir saya nantinya.

Ø Tanggungjawab kepada Bangsa dan Negara
Sebagai mahasiswa saya juga wajib membayar pajak. Bukan hanya saya melainkan seluruh warga masyarakat Indonesia. Karena membayar pajak merupakan salah satu kewajiban kita yang juga di atur di dalam UU.

Ø Tanngungjawab terhadap Tuhan
Tanggungjawab kepada Tuhan dapat di buktikan dengan mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Melaksanakan sholat, puasa, bersedekah anak yatim dan orang miskin serta tidak mengerjakan apa yang di larang oleh agama dan terdapat di Al-Quran.

Ø Tanggungjawab terhadap Keluarga
Orangtua yang selama ini membiayai pendidikan kita, maka ketika kita mendapatkan amanah (uang) pergunakanlah sesuai amanahnya dan buatlah skala prioritas agar kita tidak boros. Karena orangtua yang telah membiayai kuliah kita maka kita harus bertanggungjawab kepada mereka dengan cara rajin belajar, tidak bolos kuliah, dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak citra orang tua maupun Universitas.

Ø Tanggungjawab terhadap Masyarakat
Kita sebagai mahasiswa juga harus bertanggungjawab terhadap masyarakat. Kita harus oatuh dan mentaati peraturan yang ada di masyarakat. Contohnya bila kita mengadakan acara di rumah bersama teman-teman maka acara itu pun harus selesai sebelum jam 10 malam. Karena apabila lewat dari jam 10 maka kegiatan kita akan mengganggu tetangga sekitar kita. Karena akan membuat mereka merasa tidak nyaman untuk beristirahat.

4.   Sebutkan unsur-unsur dalam pandangan hidup ? Jelaskan !
Jawab:
Ø  Cita-cita, adalah sebuah tujuan yang ingin dicapai oleh setiap manusia dalam hidupnya. Dengan segala cara dan usaha. setiap manusia berbeda-beda dalam hal cita-cita sehingga untuk merealisasikannya pun berbeda-beda caranya.
Ø Kebajikan, adalah sesuatu hal yang baik atau tindakan yang baik yang dilakukan dengan tujuan membantu sesama dan berguna bagi kehidupan di dunia.
Ø Usaha atau perjuangan, usaha adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan, sebuah usaha yang akan menentukan sebuah keberhasilan. Semakin keras seseorang itu berusaha maka hal yang ia inginkan akan semakin mudah di dapatkan.
Ø Keyakinan atau kepercayaan, sesuatu hal yang di percaya seseorang akan kebenerannya. Keyakinan hanya ada dalam hati setiap manusia. Dengan keyakinan lah manusia dapat berbuat sesuatu hal yang benar. Benar secara umum maupun benar secara agama. Karena pada dasarnya keyakinan manusia adalah Tuhan.

1 komentar: