Minggu, 22 November 2015

Tugas Softskill 2 - Sistem Informasi Psikologi

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER




1.        Jelaskan pengertian sistem informasi berbasis komputer dari berbagai sumber. Minimal 3 sumber!
a.       Menurut Wahyono (2004) Sistem informasi berbasis komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuha informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
b.      Sistem Informasi Berbasi Komputer (CBSI) adalah sumber daya konseptual yang cara pengelolaannya dengan mengubah menjadi simbol-simbol yang memiliki nilai sehingga dapat dikalkulasi. Dan cara pengelolaanya dengan menggunakan bantuan mesin, dalam hal ini komputer.
c.       Sistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen-komponennya atau subsistem-subsistemnya terdiri dari orang, perangkat keras (hardware) komputer, perangkat lunak (software) komputer, basis data, prosedur, dan dokumentasi. Keenam komponen tersebut merupakan dasar pembentuk sistem berbasis komputer, dan komponen ke-3, ke-4, ke-5, dan ke-6 tersebut merupakan hasil aktifitas rekayasa perangkat lunak (software engineering).




2.        Jelaskan macam-macam sistem informasi berbasis komputer dibawah ini:
a.      Fokus data (SIA/EDP)
1)        SIA melaksanakan 4 tugas dasar yaitu; pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan data.
2)        Karakteristik SIA adalah melaksanakan tugas yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relatif standar, menangani data yang rinci, fokus histori dan menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.
b.      Fokus informasi (SM)
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Integrasi manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen dan pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
c.       Fokus pada sistem pendukung keputusan (SPK)
Sistem komputer yang interaktif yang membantu oembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data, model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
d.      Fokus pada komunikasi (otomatisasi kantor)
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi  informal ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Berfungsi untuk memudahkan jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan  dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
e.       Fokus pada konsultas (sistem pakar)
Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecah masalah.

3.        Jelaskan yang dimaksud dengan:
a.      Pemrosesan Batch
Batch Processing adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, kemudian diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut sebegai batch. Setiap batch diberi tanda dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses. Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing.
b.      Pemrosesan Online
Pemrosesan online adalah sistem yang menerima langsung input pada area dimana input tersebut direkam dan menghasilkan output yang dapat berupa hasil komputasi pada area dimana mereka dibutuhkan. Area sendiri dapat dipisah-pisah dalam skala, misalnya ratusan kilometer. Biasanya digunakan bagi reservasi angkutan udara, reservasi kereta api, perbankan dll.
c.       Sistem realtime
Sistem real-time adalah mekanisme pengontrolan, perekaman data,pemrosesan yang sangat cepat sehinga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama. Perbedaan dengan sistem on-line adalah satu waktu yang digunakan real-time biasanya seperseratus atau seperseribu detik sedangkan on-line masih dalah skala detik atau bahkan kadang beberapa menit. Perbedaan lainnya, on-line biasanya 3 hanya berinteraksi dengan pemakai, sedangkan real-time berinteraksi langsung dengan pemakai dan lingkungan yang dipetakan.

4.      Apa yang maksud dengan database!
Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi dimana basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar