Jumat, 23 Oktober 2015

Tugas Softskill - Sistem Informasi Psikologi

1.        Berikan penjelasan tentang Sistem Informasi menurut berbagai sumber ! Minimal 3 sumber.
Menurut Sutarman (dalam Awaludin, 2014), sistem informasi dapat didefinisikan dengan mengumpulkan, memperoses, menyimpan, menganalisis, menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. Seperti sistem lainnya, sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi), sedangkan menurut Tata Sutabri (dalam Awaludin, 2014), sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Mustakini (dalam Awaludin, 2014) mendefinisikan sistem informasi sebagai pengorganisasian peralatan yang mengumpulkan, menginput, memproses, mengontrol dan melaporkan informasi untuk pencapaian tujuan perusahaan dan yang terakhir adalah O’Brien (dalam Awaludin, 2014) mengatakan bahwa sistem informasi (information system) merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

2.        Berikan pengertian tentang Sistem Informasi Psikologi ! Dan berikan contoh penggunaan Sistem Informasi dalam Psikologi ! (Bisa dalam bentuk referensi website atau aplikasi Dekstop. Tampilkan screenshot dari Sistem Informasi tsb).
Dari penjelasan diatas mengenai sistem informasi maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini dimana manusia mendapatkan suatu pemahaman bagaimana membuat keputusan dari informasi tersebut dan sistem informasi psikologi dapat pula didefinisikan sebagai implementasi pemanfaatan media teknologi untuk tujuan mempermudah siklus input, proses dan output dalam pengolahan metode keilmuan psikologi.


Situs QuickIQtest ini merupakan situs pengetes IQ yang paling ringan dan cepat. Situs ini tidak memerlukan koneksi yang terlalu cepat, mudah diakses meskipun koneksi internet yang kita gunakan lambat. Situs ini menyediakan berbagai macam pertanyaan logika yang bisa digunakan untuk mengasah kemampuan kamu. Situs ini juga tersedia dalam 20 bahasa.

3.        Berikan penjelasan tentang Arsitektur Komputer !Berikan penjelasan tentang Struktur Kognisi Manusia !
Arsitektur Komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sintem kompter. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak, memenuhi persyaratan-persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer” memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memeberikan informasi sebagai berikut.
1)                  Set instruksi
2)                  Format instruksi
3)                  Kode operasi
4)                  Jenis-jenis operand
5)                  Mode-mode pengalamatan operand
6)                  Register
7)                  Main memory space utilization (memory map)
8)                  Alokasi ruang I/O (I/O map)
9)                  Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
10)              Pengerjaan kanal-kanal DMA dan prioritas
11)              Teknik-teknik I/O yang digunakan berbagai perangkat
12)              Format-format perintah pengontrol I/O
13)              Format-format status pengontrol I/O
Organisasi komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal-sinyal kontrol, antarmuka komputer dan peripheral serta teknologi memori yang digunakan.
Kognisi berkembang sesuai atau mengikuti perkembangan manusia itu sendiri. Menurut Solso (2007), struktur kognitif merupakan organisasi pengetahuan atau dengan kata lain bahwa struktur kognitif dapat disebut sebagai pengetahuan. Struktur kognisi manusia juga merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Struktur kognitif dari lingkungan yang selalu berubah menyebabkan struktur kognitif atau pengetahuan akan terus berkembang. Keadaan struktur kognitif yang berkembang inilah yang menjadi prasyarat bagi seseorang untuk mengasimilasi dan mengakomodasi pengetahuan atau informasi lain dari lingkungan sehinngga struktur kognitif dapat memiliki kemampuan untuk berkembang

4.        Jelaskan keterkaitan antara Struktur Kognisi Manusia dengan Arsitektur Komputer !
Keterkaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer sangatlah erat kaitannya karena komputer dan kognisi manusia mempunyai suatu kesamaan dalam hal memproses informasi, seperti menerima (receives), menyimpan (storage), menarik (retrieves), mentransformasi (transforms) dan mentransmisi informasi (transmits). Komputer dapat menyimpan dan memproses data sesuai dengan kebutuhan penggunanya, yaitu manusia. Manusia yang menciptakan komputer dengan sistem yang menyeruapai kognisi manusia dengan maksud mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaannya. Manusia memiliki otak yang mampu melakukan proses memperoleh pengetahuan dan manipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahamai, menilai, menalar, membayangkan, dan berbahasa yang disebut kognisi

5.        Berikan penjelasan tentang kelebihan dan kelemahan Arsitektur Komputer dibandingkan Struktur Kognisi Manusia !
Arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia mempunyai keunggulan dan kelemahan. Menurut Solso (2007), walaupun komputer memiliki banyak kelebihan, namun komputer juga memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan kognitif manusia. Kelebihan dari arsitektur komputer dibandingkan dengan struktur kognitif manusia. Kelebihan dari arsitektur komputer dibandingkan dengan struktur kognisi manusia yaitu pada umumnya komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat. Komputer dapat menguji model-model kognitif dengan sumber daya ruang dan waktu yang lebih hemat, dalam waktu yang sama komputer dapat melakukan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data, dan lain-lain, hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh manusia. Selain kelebihan yang dimiliki arsitektur komputer juga memiliki kelemahan yaitu komputer tidak memiliki emosi seperti manusia, komputer tidak dapat melakukan generalisasi, komputer tidak mampu memahami pola-pola yang kompleks, komputer tidak mampu membuat kesimpulan, manusia lebih unggul dalam mengenali wajah dan emosi, hal tersebut hanya mampu dilakukan oleh manusia








Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar